30.3.13

Sunan Giri Cultural Festival 2013


Ribuan masyarakat Gresik, Jawa Timur memadati jalannya kirab Sunan Giri (pendiri Gresik) dalam pawai budaya HUT Gresik ke 526 dan HUT Pemkab ke 39. Kendati diwarnai hujan deras. Prosesi Sunan Giri yang diperankan langsung oleh Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto beserta Syekh Gerigis oleh Wabup Gresik, Moch.Qosim dan Syekh Kujo yang diperankan Moh. Najib berlangsung meriah.
Dengan menaiki kereta kencana. Ketiga muspida itu melakukan prosesi dengan hikmat. Masyarakat Gresik yang memadati jalur perjalanan kereta kencana sangat antusias menyaksikan prosesi kirab budaya dalam rangka hari jadi Kota Gresik dan HUT Pemkab Gresik. Kirab budaya ini kedua kalinya dilakukan oleh Pemkab Gresik.

Menurut Kabag Humas Andhy Hendro Wijaya, tujuan kirab budaya ini dalam rangka menghidupkan kembali napak tilas cikal bakal berdirinya Kota Gresik. "Perhelatan kirab budaya ini juga mengikutsertakan muspida, tokoh masyarakat dan semua pejabat Pemkab Gresik dan masyarakat sekitar Giri Kedaton," ujarnya, Sabtu (9/03/2013).

Dalam plot sejarah yang dibangun sesuai Setting yaitu prosesi penobatan Prabu Satmoto (Sunan Giri) pada 9 Maret 1487. Bupati Gresik, Dr. Sambari Halim Radianto memerankan tokoh Sunan Giri, Wakil Bupati, Drs. Mohammad Qosim, M.Si memerankan Syeh Gerigis. Kedua tokoh ini mengenakan jubah berwarna putih dan surban putih untuk penutup kepala.

Mereka juga mengalungkan kain surbanmasing-masing berwarna kuning gading dan putih. Sedangkan Sekda Ir. Moch Najib yang memerankan Syeh Kudjo memakai jubah warna hitam.

Sementara itu, sejahrawan Gresik Muchtar Djamil menuturkan, dalam proses kirab ini. Keris yang dikenakan adalah keris asli Sunan Giri. Namun, setelah prosesi langsung dikembalikan ke tempat semula. "Semuanya diatur sedemikian rupa.

Bahkan propertinya saja asli, misalnya keris yang dipakai pada penobatan itu adalah keris asli peninggalan Sunan Giri. Namun demikian, setelah selesai penobatan, langsung keris itu dikembalikan dan diganti dengan keris duplikat," tandasnya.
Sumber : Berita Jatim
LANJUT KE Artikel terkait baca di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar