27.1.10

GARUDA DI "DADA" ARMANI

Lagi, lagi dan lagi....
Hasil karya Bangsa Indonesia "dibajak" oleh bangsa lain. Kini, Belakangan ini di Facebook, Twitter dan Blog ramai membicarakan T-Shirt yang bergambar lambang negara Indonesia ini, yakni burung Garuda Pancasila. Meski sudah tidak lagi dipajang di situs Armani Exchange (A|X), T-Shirt bergambar “Garuda Pancasila” masih bisa anda lihat di webblog ini.




Lambang negara Indonesia tiba-tiba jadi perbincangan selama 24 jam ini. Bukan karena masyarakat Indonesia baru ‘disadarkan’ makna terdalam dari lambang tersebut, tetapi munculnya burung garuda ini sebagai salah satu desain terbaru kaos branded Armani. Bagaimana itu bisa terjadi?

Kemarin (25/1), situs Armani Exchange (AX) di www.armaniexchange.com memperlihatkan kumpulan kaos laki-laki, di antaranya bernama AX Studded Eagle T-shirt. Sekilas, gambar yang terdapat pada bagian depan kaos ini memang sangat mirip dengan Garuda Indonesia, lambang negara RI. Hanya saja pada ‘versi Armani’, Garuda Pancasila ini terlihat samar.

Kemiripan ini di antaranya terlihat dari kepala garuda yang menghadap ke kanan. Di dada sang garuda pun terlihat kelima lambang masing-masing sila dalam Pancasila. Namun lambang kepala banteng dan pohon beringinnya diganti dengan huruf A dan X sebagai inisial dari Armani Exchange. Lambang bintang sebagai lambang serta padi dan kapas sila pertama dan kelima pun terlihat jelas pada motif ini.

Alih-alih semboyan ‘Bhineka Tunggal Ika’ yang tertulis pada pita yang dicengkram pada kaki Garuda Indonesia, pada kaos buatan perancang mode dunia Girgio Armani ini pun memperlihatkan bentuk yang sama, namun menghilangkan kalimat tersebut. Walaupun seluruh gambarnya terlihat samar, garuda yang berada pada kaos ini memang langsung bisa dinilai oleh masarakat Indonesia sebagai lambang negaranya.

Pada situs layanan penjualan online yang juga memuat berbagai jenis pakaian lainnya, T-shirt ini dihargai US$ 29, dengan ukuran dari XS hingga XL. Kaos ini juga tersedia dalam tiga warna, yaitu hitam, putih dan biru. Keterangan lainnya, pembeli bisa melakukan transaksi dengan kartu kredit atau PayPal.

Seperti berita-berita ‘sensitif’ sebelumnya, kemunculan simbol negara inipun langsung menjadi pembicaraan hangat, khususnya di dunia maya dan pengguna internet. Dengan bantuan jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, para netter dari Indonesia sebagai si empunya Garuda Indonesia mulai memberikan tanggapan pro dan kontranya.

Bahkan di Facebook, langsung muncul grup yang menentang kaos dengan lambang negara ini, di antaranya 'Save Garuda Pancasila From Plagiarism, Tuntut Armani Exchange' dan 'BOICOT ALL OF ARMANI'S PRODUCT!! FOR STEALING GARUDA PANCASILA!!'. Namun yang paling terlihat peningkatan jumlah anggotanya adalah grup dengan nama 'Tuntut armani atas pembajakan Garuda Pancasila', yang saat ini sudah melebihi 1000 orang.

Pihak Pemerintah Indoensia sendiri tidak menanggapi hal ini ‘sepanas’ yang dilakukan netter. Juru Bicara Kepresidenan Julian A Pasha menyatakan bahwa lambang negara yang tidak dalam bentuk utuh akan sulit dipermasalahkan, apalagi hanya burung garudanya.

“Garuda Indonesia dalam bentuk utuh tidak bisa diklaim oleh siapa pun, termasuk produk-produk komersial, termasuk Armani. Kecuali kalau pihak Armaninya sendiri yang me-launching dan me-release secara resmi kalau itu adalah logo milik mereka,” jelas Julian.

Namun saat ini Anda tidak bisa melihat langsung Garuda ala Armani tersebut di website-nya. Entah karena pihak AX sudah merasa kalau kaos motif ini sudah menjadi topik hangat karena kemiripannya dengan lambang negara Indonesia, kini produk tersebut sudah tidak terlihat lagi di daftar katalog online shopping AX

Tidak ada komentar:

Posting Komentar