24.3.09

CAK MU'AN, PELUKIS DAN BUDAYAWAN GRESIK MENINGGAL DUNIA

Innalillahi wainnaaillaihi roji'uun, telah meninggal dunia dengan tenang, pelukis dan budayawan Gresik Cak Mu'an pada hari senin, 16 Maret 2009 di rumah duka Toko Putih Jl. H. Samanhudi Gresik. Cak Mu'an adalah pelukis seangkatan dengan almarhum OH Supono, Daryono, Amang Rahman, Cak Roeslan juga Pelukis Rudi Isbandi.

Cak Mu'an adalah seniman dan budayawan yang walaupun menjelang akhir hidupnya ia stagnan dalam berkarya, tetapi selalu memperhatikan dan membantu para seniman muda baik secara moril maupun materiil.
Sebagai wong Gresik asli cak Mu'an memiliki beberapa koleksi karya seni dan karya peninggalan yang menjadi saksi sejarah dan budaya Gresik masa lalu. Sehingga beliau sering dikunjungi oleh para budayawan seperti Cak Nun maupun dari mancanegara yang kebetulan membutuhkan jasa beliau dalam menelusuri sejarah dan budaya Gresik untuk bahan penelitian mereka.

Belum Setahun Gresik telah kehilangan seorang pelukis yang telah mengangkat Damar kurung menjadi ikon Gresik dan telah menasional bahkan internasional, yakni Imang AW (untuk mengenangnya klik disini dan disini), kini kita telah ditinggal oleh seorang yang peduli dengan perkembangan budaya Gresik, Cak Mu'an.
Semoga Allah SWT memberikan jalan yang lapang bagi mereka dan mengampuni dosa-dosanya serta menerima amalan-amalan yang telah diperbuatnya. Amin (*Kris Adji AW)

1 komentar:

  1. innalillahi wa inna ilahi rojiun....
    baru denger kalau cak muan meninggal....
    saya termasuk orang yang dibimbing beliau dalam berkesenian....
    cak mu'an lah yang menganjurkan alm imang aw untuk mempelajari dan mempopulerkan damar kurung...

    lukmansh@yahoo.com

    BalasHapus