30.10.09

Seni Tradisional Gresik Belum Dipatenkan Karena Dana Terbatas

Sedikitnya 21 kesenian tradisional asli dari Kabupaten Gresik, Jawa Timur belum dipatenkan atau belum bisa diusulkan untuk mendapatkan hak cipta, karena tidak adanya anggaran yang disediakan untuk keperluan itu.Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata Gresik, Nur Sukartika, Selasa, mengatakan, awalnya pihaknya mengusulkan kepada pemkab untuk mendata dengan mendokumentasikan kesenian tradisional Gresik, sebelum dipatenkan untuk mendapat hak cipta, namun usulan itu tidak terealisasi dengan alasan tidak adanya anggaran.

Selain itu, alasan belum dipatenkannya puluhan seni tradisional Gresik lantaran sifatnya yang masih lokal, belum menasional seperti kesenian Reog Ponorogo maupun Tari Pendet Bali.

Ia menjelaskan, dalam usulan untuk mendapatkan hak cipta sebuah tradisi kesenian daerah itu setidaknya diperlukan adanya bukti dokumentasi, sejarah yang jelas, disertai hasil karya dari pelaku seni atau pencipta.

Apalagi kalau berbicara seni tradisi, contohnya seperti Hadra Gresik, kesenian ini juga ditemukan di daerah lain selain Gresik, sedangkan yang diharapkan oleh Pemkab Gresik pematenan kesenian hanya ada pada seni tradisi yang memang murni dari daerah Gresik dan tidak ditemukan di daerah lain.

Ia berpandangan mestinya dalam pematenan kesenian itu tidak hanya peran dari pemerintah, namun dari pelaku seni sebagai pencipta kesenian itu setidaknya berantusias mengusulkan keseniannya untuk dipatenkan.
"Memang dispar juga harus jemput bola, tetapi setidaknya kami juga mendapat dukungan dari pelaku seni dengan memberikan usulan kesenian yang dipatenkan," katanya.

Kendati pihaknya mengakui peran dari dinas pariwisata yakni memelihara, mengembangan, dan melindungi kelestarian tradisi seni dan budaya lokal.
Menanggapi rawannya pengeklaiman terhadap seni tradisi, menurutnya pengeklaiman itu tidak akan terjadi selama hak cipta melekat pada si penciptanya.
"Seni tradisi di Gresik rawan pengeklaiman, karena tidak adanya hak cipta. Untuk itu, tahun 2010 nanti kami akan mengajukan kembali usulan untuk pematenan hak cipta kesenian Gresik," katanya menegaskan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar